Pengertian Sistem Operasi dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Sistem Operasi dan Jenis-Jenisnya


Sistem Operasi (Operating System) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer atau hardware, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat  lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.

Untuk fungsi-fungsi perangkat keras seperti sebagai masukan dan keluaran dan lokasi memori, sistem operasi bertindak sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer, meskipun kode aplikasi biasanya dieksekusi langsung oleh perangkat keras dan seringkali akan mengubungi OS atau terputus oleh itu.

Jenis-jenis Sistem Operasi antara lain : Sistem Operasi Microsoft Windows, Mac OS, UNIX, MS-DOS, LINUX, MOBILE.

Prosesor mengeksekusi program-program komputer. Prosesor adalah sebuah chip dalam sistem komputer yang menjalankan instruksi-instruksi program komputer. Dalam setiap detiknya prosesor dapat menjalankan jutaan instruksi.

Program adalah sederetan instruksi yang diberikan kepada suatu komputer. Sedangkan proses  adalah suatu bagian dari program yang berada pada status tertentu dalam rangkaian eksekusinya. Di dalam bahasa Sistem Operasi, kita lebih sering membahas proses dibandingkan dengan program. Pada Sistem Operasi modern, pada saat tertentu tidak seluruh program dimuat dalam memori, tetapi hanya satu bagian saja dari program tersebut. Sedangkan bagian lain dan program tersebut tetap beristirahat di media penyimpanan disk. Hanya pada saat dibutuhkan saja, bagian dari program tersebut dimuat di memori dan di eksekusi oleh prosesor. Hal ini sangat mengemat pemakaian memori.

Setiap proses dalam sebuah sistem operasi mendapatkan sebuah PCB (Process Control Block) yang memuat informasi tentang proses tersebut, yaitu sebuah tanda pengenal proses (Process ID) yang unik dan menjadi nomor identitas, status proses, prioritas eksekusi proses dan infomasi lokasi proses dalam memori. Prioritas proses merupakan suatu nilai atau besaran yang menunjukkan seberapa sering proses harus dijalankan oleh prosesor. Proses yang memiliki prioritas lebih tinggi, akan dijalankan lebih sering atau dieksekusi lebih dulu dibandingkan dengan proses yang berprioritas lebih rendah.

Sistem Prosesor

Jenis status yang mungkin dapat disematkan pada suatu proses pada sistem operasi dapat berbeda-beda. Tapi, paling tidak ada 3 macam status yang umum, yaitu : 
  1. Ready, yaitu status dimana proses siap untuk dieksekusi pada giliran berikutnya.
  2. Running, yaitu status dimana saat ini proses sedang dieksekusi oleh prosesor.
  3. Blocked, yaitu status dimana proses tidak dapat dijalankan pada saat prosesor siap/bebas. 
Tujuan Sistem Operasi


  • Sistem Operasi membuat komputer menjadi lebih mudah dan menarik serta nyawan jika digunakan.
  • Sistem Operasi juga memungkinkan sumberdaya komputer digunakan secara efisien.
  • Sistem Operasi yang telah disusun/ diprogram sedemikian rupa memungkinkan menerima perubahan atau pengembangkan baru yang efektif dan efisien.dapat melakukan pengujian sistem tanpa menggganggu layanan yang telah ada. 

Sekian pengertian Sistem Operasi dan Jenis-Jenisnya. Jika ada persamaan atau kesalahan kata yang telah saya ketik, mohon dimaafkan dan di komen dikolom bawah. Saya ucapkan Terima kasih

Source : Wikipedia 







share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Oki Kurniawan, Published at 07.45 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar