Struktur dan Komponen Komputer

Struktur dan Komponen Komputer

1. Struktur dan Komponen Komputer 
Struktur komputer mendeskripsikan cara-cara dan tiap komponen saling terkait. Struktur sebuah komputer secara sederhana dapat digambarkan dalam bentuk diagram seperti gambar dibawah.
Input data berupa sinyal digital proses di CPU (Central Processing Unit). Dalam proses ini data sementara ditampung di RAM (Random Access Memory). Hasil pengolahan data itu disebut ouput. Masuknya input ke komputer maupun keluarnya output dari CPU melalui suatu interface yang disebut port I/O (Input-Output).

Output dari CPU dapat berupa hardcopy  dan softcopy. Hardcopy berupa cetakan atau printout, sedangkan softcopy berupa tampilan (display), suara, dan file data. Output berupa tampilan (teks, gambar, simbol) dan suara dapat langsung diindera oleh manusia (dilihat,dibaca,didengar). File data hanya dapat dibaca oleh komputer. File data disimpan dalam media penyimpanan (storage media) dan digunakan sebagai input untuk proses pengolahan data di komputer untuk waktu-waktu berikutnya.

Input pada komputer dihasilkan oleh perangkat masukan atau input device, sedangkan outputnya disajikan oleh perangkat keluaran atau output device. Input device meliputi keyboard, mouse, scanner, digitizer, microphone, handycam, dan kamera digital. Output device meliputi monitor atau VDU (visual display unit), proyektor, loudspeaker, dan printer. Sebuah perangkat komputer multimedia standar minimal dilengkapi input device berupa keyboard dan mouse serta output device berupa monitor dan printer.

A. Input Device  

1) Keyboard
Keyboard adalah perangkat yang mempunyai tuts seperti pada mesin tik yang dilengkapi beberapa tombol tambahan dengan berbagai fungsi. Keyboard digunakan untuk memasukkan input berupa teks, simbol, maupun karakter lain (bagian alphabet); pilihan menu, dan perintah eksekusi baik dengan tombol Enter maupun tombol fungsi yang lain.

Perkembangan teknologi keyboard hanya terjadi pada bentuk interface-nya dengan komputer. Keyboard dapat dikelompokkan menjadi keyboard PS2, USB, serta keyboard wireless.

2) Mouse
Mouse merupakan pointing device yang berfungsi menggerakkan pointer, memilih menu, atau menjalankan program di layar monitor. Mouse sangat penting fungsinya pada lingkungan sistem operasi berbasis grafik atau GUI (Graphical User Inferface).

Ditinjau dari jenis interface-nya, mouse juga dapat dikelompokkan menjadi mouse PS2, serial, USB, serta wireless. Sedangkan ditinjau dari teknologinya, mouse dapat dikelompokkan menjadi mouse mekanik dengan bola dan mouse optik.

3) Joystick
 Joystick biasanya digunakan sebagai alat interaksi antara pengguna dan komputer dalam aplikasi permainan (game). Fungsinya hampir sama dengan mouse, tetapi lebih fleksibel. Tombol dan bagian batang pada joystick memungkinkan pengguna menggerakkan objek di komputer dengan lebih leluasa.

4) Scanner
Scanner dan kamera digital memungkinkan input informasi dalam bentuk gambar digital (berupa file). Dipadukan dengan perangkat lunak tertentu, scanner memiliki beberapa kekhususan fungsi. Barcode scanner (atau barcode reader) merupakan scanner yang biasa digunakan di toko swalayan untuk memasukkan data barang ke komputer. Perangkat lunak di komputer mengambil data berdasarkan kode (Barcode) pada produk yang di scan. Data tersebu misalnya berupa nomor kode danharga yang langsung diproses di komputer.

OMR (Optical Mark Reader) merupakan scanner yang biasa digunakan untuk mengoreksi hasil ujian yang menggunakan lembar jawab komputer. Perangkat ini dapat dengan cepat memasukkan data ke komputer berdasarkan lembar jawaban yang di scan. Data tersebut berupa identitas maupun jawaban peseta ujian yang segera diproses oleh komputer.

OCR (Optical Character Recognition) merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan mengenali bagian gambar yang berupa teks (tulisan). Jika kita ingin menulis kembali beberapa halaman teks dari sebuah buku, kita hanya perlu men-scan lembaran-lembaran teks pada buku tersebut menggunakan scanner kemudian menjalankan aplikasi OCR untuk mendapatkan teksnya. 

5) Digitizer
Digitizer (atau graphic pad/digitizing tablet/drawing tablet/pen pad) merupakan perangkat input data komputer yang memungkinkan seseorang menulis atau menggambarkan di komputer semudah ia menggambar atau menulis diatas kertas menggunakan pena. Peralatan ini juga bisa digunakan untuk memasukkan tanda tangan seseorang ke dokumen komputer.

Digitizer terdiri atas sebuah papan datar tempat kita "mencorat-coret" menggunakan alat semacam pena khusus. Coretan yang dibuat tidak tampak di atas pad, tetapi tampak di monitor. Secara umum digitizer menggantikan fungsi mouse.

6) Kamera Digital dan Handycam
Kamera digital dapat digunakan untuk memasukkan data gambar/potret digital (berupa file). Lingkungan sekitar dan berbagai objeknya dapat kita "capture" menggunakan kamera digital dan hasilnya dapat kita tampilkan atau kita simpan dalam bentuk digital di komputer.

Handycam digunakan sebagai sumber data video (movie). Video pada handycam dapat ditransfer ke komputer untuk diproses atau disimpan dalam bentuk CD.

7) Mikrofon 
Mikrofon berfungsi memasukkan input berupa suara (audio). Kita dapat merekam suara kita ke dalam komputer dan menyimpannya dalam bentuk file audio.

B. Output Device

1) Hardcopy Device
Hardcopy device meliputi printer untuk mencetak pada kertas serta plotter yang digunakan untuk mencetak pada media yang berukuran besar. Ada tiga tipe printer, yaitu dot matriks (menggunakan pita), inkjet (menggunakan tinta), dan laser (menggunakan serbuk/toner).

2) Softcopy Device
Softcopy device meliputi monitor yang merupakan output device standar pada sebuah unit komputer dan proyektor yang memproyeksikan tampilan output ke media lain, misalnya ke dinding atau layar (screen). Teknologi pada monitor dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu teknologi CRT (Cathode Ray Tube) dan teknologi LCD (Liquid Crystal Display).

3) Drive Device
Drive device merupakan perangkat yang digunakan untuk merekam (menulis) atau membaca data pada media penyimpanan berupa cakram (disc) maupun disket. Input data berupa file pada disket akan dibaca oleh drive device dan dicopy atau langsung di proses oleh CPU.

Perangkat ini mempunyai fungsi ganda, yaitu sebagai alat output (merekam output berupa file ke media penyimpanan). Drive device meliputi floppy disk drive, CD drive, dan DVD drive. Floppy disk drive membaca/merekam data pada disket,  CD drive membaca/merekam data pada keping CD (Compact Disk), sedangkan DVD drive membaca/merekam data pada keping DVD (Digital Versatile Disc) dan CD. Perkembangan teknologi selanjutnya memunculkan bluray drive yang mampu membaca/merekam data pada keping bluray yang berkapasitas jauh lebih besar daripada CD maupun DVD. Semua drive device yang disebutkan diatas biasanya terpasang di dalam kotak CPU.

Dengan berkembangnya teknologi media yang memunculkan beragam bentuk dan jenis memory card, muncul pula drive device yang disebut card reader. Ada tipe card reader yang terpasang didalam kotak CPU, ada pula yang terpasang di luar kotak CPU melalui port USB.

Jika ada kesalahan atau kekurangan kata-kata, mohon di komen.
Terima Kasih .. !!!
  
 


 

 




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Oki Kurniawan, Published at 07.24 and have 1 komentar

1 komentar:

  1. Bet365 Casino Review & Bonus Code - JCM Hub
    Read 원주 출장안마 our Bet365 Casino review 전주 출장안마 and find out what 삼척 출장샵 bonuses and free spins it offers. Get 경상북도 출장안마 100% up 경산 출장마사지 to $250 at Bet365 Casino.

    BalasHapus